Kartika Baby Spa

Cara Bayi Mengenali Ibunya

Biasanya, Anda akan menghabiskan tahun pertama usia Si Kecil untuk mengenalnya. Apa yang bisa membuatnya tertawa, apa yang membuatnya menangis, dan apa yang bisa membuatnya tertidur.

0-2 Bulan

Si Kecil akan mempelajari:

1. Suara Anda

Bahkan sebelum ia lahir (sekitar usia kehamilan 7 bulan), Si Kecil bisa mendengar suara Anda. Jadi, ketika Anda menggendong dan berbisik kepadanya, ia sudah mengenal suara Anda.

 

2. Wajah Anda

Meski pandangan Si Kecil masih belum jelas, namun dalam keadaan cahaya yang baik, ia bisa melihat benda atau objek yang berada 20-35 cm darinya. Kebetulan juga, jarak ini merupakan jarak seorang ibu dari bayinya, ketika tengah menyusui.

 

3. Aroma Anda

Bayi Anda akan mengenali aroma Anda beberapa hari setelah ia lahir. Para peneliti telah menemukan fakta bahwa bayi berusia 3 hari, mampu membedakan ASI ibunya dengan milik wanita lain, hanya dari baunya. Dan bukan hanya Si Kecil mengenali aroma Anda, ia pun menyukai aroma tersebut.

“Bayi biasanya akan mengenduskan hidungnya ketika berada sangat dekat dengan Anda,” ujar Alice Sterling Honig, Ph.D, “Ketika itu, ia berpikir bahwa Anda memiliki aroma yang khas dan ia sukai,” tambahnya.

 

4. Anda memberi ia makan

Saat berusia 6 minggu, Si Kecil mulai memiliki pengenalan yang baik mengenai kegiatan makan. Ia akan merasa tak nyaman ketika lapar, lalu menangis. Setelah menangis, Anda pun akan memberinya makan, yang biasanya lewat menyusui. Si Kecil belajar bahwa ia bisa mempercayai Anda dan Anda akan merawatnya dengan baik.

5. Anda membuatnya nyaman

Sadarkah Anda bahwa ketika Anda menggendong Si Kecil, biasanya ia akan berhenti menangis? Dari sudut pandang Si Kecil, hal ini karena ia merasa nyaman dan aman dalam pelukan Anda.

 

2-6 Bulan

1. Beberapa orang serupa dengan Anda

Tak hanya Si Kecil mengenali wajah Anda dan menyukainya, saat berusia 10-12 minggu, ia mampu mengenali apakah orang lain yang ia temui memiliki jenis kelamin yang sama dengan Anda. Dalam beberapa rangkaian penelitian yang dilakukan Paul Quinn Ph.D, profesor psikologi dari University of Delaware, ditemukan fakta bahwa bayi berusia 3-4 bulan, lebih menyukai wajah wanita.

Apakah ini berarti bayi terprogram untuk memilih wanita dibanding pria? Tidak, karena sebenarnya, bayi belajar mengenal manusia lain dari orang yang paling dekat dengannya, yaitu Anda. Jika, suami Anda juga terlibat dalam pengasuhan Si Kecil, maka Si Kecil pun akan mengenal wajah pria. Orang yang dekat dengannya inilah, yang digunakan Si Kecil untuk membandingkan satu orang dengan orang lain.

“Dengan kata lain, jika Si Kecil melihat orang baru, ia akan berpikir, seberapa mirip orang ini dengan Mama dan Papa yang selalu mengurusku?” ujar Prof. Paul.

 

2. Kadang Anda merasa sedih

Sama seperti Anda menenangkan Si Kecil ketika ia merasa tak nyaman, Si Kecil juga akan melakukan apa pun untuk menghibur Anda ketika sedih. Antara usia 2,5 – 6 bulan, Si Kecil mampu membedakan ekspresi wajah yang berbeda.

Penelitian menyebutkan bahwa ketika seorang ibu berekspresi sedih, bayinya akan berusaha untuk membuatnya tersenyum dengan tertawa atau berceloteh. Karena Si Kecil bisa merasakan emosi Anda, jangan terkejut jika ia ikut rewel ketika Anda stres.

 

3. Anda lucu dan menyenangkan

Saat ia berusia 6 bulan, Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan humornya. Yang bisa membuatnya tertawa adalah aksi Anda yang spontan, lucu, dan tak terduga. Salah satu alasan mengapa Si Kecil menganggap Anda lucu adalah ia mengenal wajah dan suara Anda dengan baik. Ia juga tahu bagaimana saat Anda bersikap normal. Jadi, jika ia melihat Anda membuat wajah yang aneh, ia akan tertawa

 

 

6 Bulan – 1 Tahun

Si Kecil akan mempelajari:

1. Anda ada walaupun tak terlihat

Sebelum bayi berusia 6 bulan, perpisahan dengan Sang Mama adalah “tidak terlihat berarti tidak ada”. Saat ini, saudara yang membantu menjaga Si Kecil atau pengasuh, mungkin akan kesulitan untuk menenangkan Si Kecil ketika ia menangis karena Anda pergi.

Namun, ketika berusia 8 bulan, Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan object permanence yang ia miliki, artinya ia bisa menyimpan gambaran Anda di dalam pikirannya, meski Anda tak ada di dekatnya. Seiring waktu, ia juga mulai menyadari bahwa kemana pun Anda pergi, Anda pasti akan kembali kepadanya.

 

2. Anda akan ikut senang bersamanya

Seiring Si Kecil bertambah penasaran akan segalanya, ia akan tertantang untuk menemukan hal baru mengenai dirinya sendiri dan semua hal lain di sekitarnya, mulai dari mainan sampai debu yang ada di lantai. Ia ingin berbagi apa yang ia pelajari dengan Anda, misalnya bagaimana sebuah truk bisa terjatuh dari atas sofa, karena ia tahu, Anda akan ikut senang bersamanya.

“Bayi biasanya akan berbagi kesenangan mereka dengan orang terdekat. Hal ini merupakan salah satu cara mereka menunjukkan bahwa orang tersebut spesial,” ujar Jean Gowen Ph.D, penulis Enhancing Early Emotional Development: Guiding Parents of Young Children.

 

3. Anda melindunginya

Ketika Si Kecil tengah sibuk menemukan sesuatu yang baru, ia juga menyadari bahwa Sang Mama bisa menjadi navigator yang baik. Misalnya, ketika asyik menyelindap ke dapur, ia mungkin menemukan sesuatu yang aneh baginya, seperti menjatuhkan serbet. Lalu secara otomatis, ia akan melihat ke arah Anda sebelum bertindak lebih jauh, seakan bertanya, “Apakah ini aman?” Bahkan jika sedang berada dalam situasi yang menyenangkan sekalipun, Si Kecil kadang teringat bahwa Anda selalu ada untuknya.

Contohnya, jika sedang bermain, ia kadang berhenti sejenak dan menghampiri Anda untuk sekadar memeluk atau menyentuh Anda. Berikanlah respons yang baik ketika ia melakukan hal ini, karena dengan begitu, ia akan tahu bahwa ia selalu bisa bergantung kepada Anda. (Rosa Ayu Hapsari/TW/Dok. Freepik)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat